Selasa, 08 Mei 2012

Pelangi Polytron Diva MX-5202

TV Polytron 21 inch bertuliskan DIVA dan bernomor seri MX 5202 di belakangnya menjadi pasien servis panggilan saya beberapa waktu yang lalu di sebuah desa yang cukup untuk dibilang pelosok, untuk mencapai rumah sang pemilik harus melalui jalanan yang cukup susah ditempuh. TV tersebut jika dihidupkan akan hidup sebentar lalu balik standby lagi, begitu singkatnya saat menyala hingga belum sampai muncul apa-apa di layarnya.

TV saya bongkar lalu dibersihkan dengan kuas dan tiupan angin hair-dryer. Dengan bantuan lampu dan kaca pembesar saya cek solderan-solderannya.... kelihatan masih oke. Saya coba hidupkan masih sama, heater nampak menyala sebentar lalu padam lagi. Barangkali masalah protek, karena itu langsung saja saya ganti elco C402 (1u/50V) di bagian vertikal yang biasanya dapat mengatasi masalah seperti ini. Tapi ternyata tidak, walau sudah diganti tetap saja masih protek.
IC vertikalnya AN5522, sedang IC masternya HBT-00-020. Saya coba ukur tegangan-tegangan yang ada sambil berkali-kali di-ON-kan pakai remote. Akhirnya ketemu petunjuk, pin 62 IC HBT-00-020 yang berfungsi sebagai pin protect tak ada tegangan (0 Volt), padahal seharusnya 5 volt. Sekarang coba dipaksa hidup dengan cara menyuntikkan tegangan 5 Volt ke pin 62 tersebut.
Cara termudah adalah dengan menghubungkan titik 5 Volt terdekat ke jalur pin 62 itu, jadi saya pasang saja sebuah R 560 ohm dari VCC 5V IC EPROM ke jalur itu karena itulah yang terdekat. Hasilnya, TV bisa hidup, dan kelihatanlah gejala kerusakannya, warna-warni pelangi di layar.
Hmmmm.... apa ya yang rusak? Saya tunggu beberapa menit lalu saya sentuh heat-sink yang ada satu persatu, nah ketahuan IC vertikalnya panas sekali. Saya teliti bagian vertikalnya, kesimpulan saya adalah IC vertikalnya rusak, jadi mesti diganti. Nomornya AN5522. Berhubung stok yang saya bawa adalah STV9325 maka itulah yang saya pakai buat mengganti. Tak lupa jumper penyuntik pin protek tadi dilepas sekalian. Hasilnya, byak.... layar langsung kepyur tanpa pelangi, dan hingga beberapa menit stabil tidak protek. Cek suhunya juga normal, tapi nanti dulu.... ternyata di bagian atas layar ada garis-garis mendatar. Biasanya masalah elco 100u di bagian IC vertikal...., karena itu langsung coba ganti, dan ternyata sukses.
TV pulih kembali....... blueback dan logo merk Polytron sudah tampil kembali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar